Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memulai Usaha Dropship Untuk Pemula, Pengertian Dropship


Banyak sekali usaha yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan uang, terutama di dunia yang serba online ini mencari uang di internet sangatlah banyak caranya dan juga banyak peluang yang bisa kita manfaatkan. Salah satu peluang mendapat pundi-pundi rupiah adalah dengan bisnis minim modal yakni bisnis dropship. lalu apa sih usaha dropship itu?

Sebelum kita membahas bagaimana memulai usaha dropship ada baiknya kita ketahui dulu apa itu dropship dan cara kerjanya bagaimana. untuk orang atau pelaku bisnis dropship biasanya disebut seorang dropshiper.

Pengertian Dropship

Dropship adalah sebuah model bisnis atau teknik pemasaran dimana seorang penjual tidak menyimpan stok barang yang dia jual dan dimana saat penjual mendapatkan order, penjual akan langsung meneruskan order dengan menyertakan detail orderan seperti barang dan juga alamat pembeli langsung ke distributor atau supplier barang yang dia jual.

Sistem Penjualan Dropship

Bagaimana sistem penjualan sebagai seorang dropshiper? seperti yang kita tahu dropshiper tidak stok barang. Kita asumsikan anda adalah seorang dropshiper yang sedang memasarkan aksesoris smartphone dari distributor A,  Berikut skema dari sistem penjualan dropship:


  • Anda mendapatkan orderan dari pembeli, pembeli melakukan pemesaran barang lalu membayar kepada anda.
  • Anda sebagai dropshiper lalu meneruskan detail orderan pembeli anda kepada distributor dengan mengirimkan barang yang dibeli dan alamat dari pembeli ke distributor A.
  • distributor akan mengirimkan orderan ke alamat pembeli anda dengan menuliskan nama anda sebagai penjualnya.

Sistem Pembayaran Dropship

lalu bagaimana sistem pembayarannya? pembayaran yang diterima seorang dropshiper beraneka ragam tergantung kesepakatan dengan pembeli anda, jika anda menggunakan media sosial sebagai tempat pemasaran barang anda kemudian calon pembeli order langsung kepada anda, pembeli bisa transfer uang langsung ke rekening anda. ini akan menguntungkan anda karena anda tidak perlu menunggu barang sampai ke pembeli terlebih dahulu.

Namun jika anda memasarkan barang melalui marketplace seperti tokopedia, bukalapak, lazada atau shopee pembayaran akan menunggu setelah barang diterima pembeli sesuai dengan aturan yang ada di marketplace tempat anda memasarkan barang. Setiap marketplace juga berbeda waktu pelepasan dana untuk sampai ke rekening anda, rata-rata sampai 2 hari kerja.

Sistem Ongkir Dropship

Agar ongkos kirim yang dibayar oleh pembeli dan kita sama maka usahakan alamat supplier atau distributor sama dengan kita. jadi semisal kita beralamat di Jakarta usahakan supplier atau distributor kita juga di Jakarta jadi nanti ongkos kirim akan sama tidak ada selisih.

Ini khusus untuk dropship shopee, karena shopee pembeli mendapatkan voucher subsidi gratis ongkos kirim hingga Rp 20.000,-

Tenang saja jika anda berjualan dishopee dan pembeli tidak dikenakan ongkos kirim pada detail pembelian sedangkan anda dikenakan ongkos kirim saat membeli barang disupplier atau distributor anda tidak perlu panik karena mereka menggunakan voucher gratis ongkos kirim, mereka mendapatkan subsidi ongkos dari shopee. Ongkos kirim akan masuk ke detail penjualan setelah anda memasukan resi yang valid (JNE).

Kesimpulan

Seorang dropshiper sama seperti penjual pada umumnya namun dia tidak menyimpan stok barang, jika seorang dropshiper mendapat order maka penjualan akan diteruskan langsung ke distributor.

Pesanan dari pembeli anda akan dikirim ke alamat pembeli atas nama anda atau toko anda. Seorang dropshiper hanya perlu fokus memasarkan barang atau produk yang dia jual.

Posting Komentar untuk "Memulai Usaha Dropship Untuk Pemula, Pengertian Dropship"