Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu SSD? Fungsi dan Harga yang Harus Kamu Tahu

Apa Itu SSD? Fungsi dan Harga yang Harus  Kamu Tahu

Selain HDD, kini  Kamu bisa menemukan SSD sebagai salah satu media penyimpanan, khususnya untuk laptop dan PC. Memang, SSD merupakan sebuah inovasi baru yang diberikan oleh pengembang. Nah, pada kesempatan ini akan dibahas mengenai apa itu SSD? Fungsi dan harga yang tentu penting untuk diketahui sebagai tambahan pengetahuan.

Tentu, mengetahui apa itu SSD menjadi hal penting agar  Kamu bisa membedakan dan memilih mana yang lebih baik dari SSD dan HDD untuk digunakan. Simak beberapa ulasan singkat terkait hal tersebut di bawah ini. Selamat membaca.

Pengertian SSD

Untuk membahas apa itu SSD? Fungsi dan harga, hal pertama yang harus diketahui adalah pengertian dari SSD itu sendiri. Nah. SSD adalah singkatan dari Solid State Drive. Secara umum, SSD berfungsi sama dengan HDD yaitu untuk menyimpan data dan informasi. Namun, secara konstruksi, SSD lebih mirip dengan USB Flash Disk daripada HDD.

Nah, seperti halnya USB Flash Disk, SSD akan menyimpan data dan informasi di dalam microchip. Hal ini berbeda dengan HDD yang membaca data di atas piringan magnetic. Perbedaan inilah yang membuat SSD bekerja dengan jauh lebih cepat dibandingkan dengan HDD.

Fungsi dan Kelebihan SSD

Secara umum telah dijelaskan dalam apa itu SSD? Fungsi dan harga, bahwa fungsi SSD adalah untuk menyimpan data dan informasi. SSD akan bekerja lebih baik dan lebih cepat daripada HDD. Ada beberapa kelebihan dari SSD selain bekerja lebih cepat yang bisa menjadi alasan kenapa  Kamu harus membelinya.

Beberapa kelebihan SSD adalah sebagai berikut:
  • Secara umum performa SSD jauh lebih baik daripada HDD dalam segi kecepatan read dan write. Contohnya, pada saat proses transfer file, pencarian file atau membuka program yang berat, SSD akan lebih bisa diandalkan. Dalam booting Windows pun SSD bisa mempercepat booting daripada HDD.
  • SSD hampir tidak mengeluarkan suara apapun saat digunakan. Hal ini dikarenakan SSD hanya berisi sekumpulan memori saja. Berbeda dengan HDD yang masih menggunakan piringan sehingga terkadang terdengar suara saat bekerja.
  • SSD jauh lebih ringan daripada HDD. Berat SSD yang bisa dikatakan super ringan tersebut dikarenakan isi dari SSD jauh lebih simple daripada HDD yang masih menggunakan piringan sehingga lebih berat.
  • SSD jauh lebih baik dan tahan terhadap guncangan. Hal ini berbeda dengan HDD yang lebih sensitif terhadap guncangan. Karena sifatnya inilah SSD menjadi lebih awet untuk digunakan dibandingkan dengan HDD.

Harga SSD

Karena beberapa inovasi dan kelebihannya, harga SSD menjadi lebih mahal daripada HDD. Jika dibandingkan, harga SSD hampir sekitar 9 kali lipat daripada harga HDD. 

Nah, demikian beberapa hal mengenai apa itu SSD? Fungsi dan harga. Jika  Kamu tertarik, maka  Kamu bisa melakukan upgrade dari HDD ke SSD. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Apa Itu SSD? Fungsi dan Harga yang Harus Kamu Tahu"