Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tutorial Coinut - Tips dan Trik Cara Trading di Coinut

Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang Tutorial Coinut mulai dari cara tradingnya. Bagi yang belum tahu COINUT (COIN Ultimate Trading) adalah platform exchange yang komprehensif untuk trading cryptocurrencies dan turunannya. Coinut telah berdiri sejak tiga tahun lalu dan sampai saat ini yang saya rasakan masih aman aman saja trading di coinut. Kamu bisa menukarkan satu koin kripto ke koin lainnya yang di jual orang lain di bursa market coinut. Dalam artikel ini, kamu akan belajar bagaimana mengubah Bitcoin menjadi Litecoin atau sebaliknya. Jika kamu belum memiliki coin di akun coinut kami, silahkan cek pada artikel berikut tentang cara deposit dan withdraw di coinut.

Pertama tama, login ke akun coinut kamu dan kemudian pergi ke alamat https://coinut.com/spot. Kamu akan melihat ada kolom Market, yang mana disitu ada beberapa coin dengan konversi terhadap coin lainnya yang selalu berubah setiap detiknya.

tutorial coinut

Karena kita akan mengubah/ mengkonversi BTC menjadi LTC (atau LTC menjadi BTC), kita perlu memilih LTC dan BTC dalam daftar sebagai berikut.

tutorial coinut

Perhatikan gambar dibawah ini, silahkan klik bagian LTC=>BTC. Pada gambar dibawah dapat kita artikan, 1 LTC seharga 0,01157 BTC, turun 4,70% dari periode sebelumnya, dan pada market coinut volume/jumlah LTC sudah mencapai 0,33370546 LTC.

tutorial coinut

Dan lihatlah grafik di sisi kanan, grafik tersebut menunjukkan fluktuatif harga konversi dari LTC ke BTC.

tutorial coinut

Karena kita akan mengubah BTC menjadi LTC kamu harus memastikan bahwa kamu memiliki beberapa BTC di akun kamu terlebih dahulu (kalau nggak punya yaa gmn bisa nuker? :v). Kita bisa mengecek berapa BTC yang kita miliki pada Balance Status:



Bisa kita lihat, kita sudah memiliki 0,00000027 BTC di akun coinut kita, dan kita ingin mengubahnya menjadi LTC. Dengan kata lain, kita ingin membeli LTC dengan BTC, dan kita perlu menggunakan Place Order untuk melakukannya. Jadi sekarang mari kita fokus pada form Place Order di bawah Balance Status.



Ada dua jenis Order: Limit Order dan Order Market.
  1. Limit Order, kita beli/ jual dengan harga yang kita tentukan sendiri. Namun kita harus menunggu sampai ada orang lain bersedia membeli order kita jika harga kita tidak cukup tinggi (untuk order beli) atau cukup rendah (untuk order jual). Contohnya begini, kita pasang order beli 1 BTC seharga 20jt, sedangkan harga dipasaran 1 BTC sudah mencapai 22JT. Selama harga 1 BTC di pasar masih diharga 22JT/lebih dari harga yang kita pasang tadi yaitu 20JT, maka orderan kita akan pending. Orderan kita baru berhasil jika harga pasar sudah menyentuh 1 BTC kurang dari sama dengan 20JT.
  2. Order Market, membiarkan kita membeli/ menjual dengan harga pasar yang terbaik saat ini. Order akan segera terisi, tapi jika kita membeli dalam jumlah banyak, Order kita mungkin tidak terisi dengan harga yang ideal. Jadi saya sarankan untuk menggunakan limit order jika kita membeli coin dalam jumlah besar.

Tutorial Coinut - Tips Trading dengan Market Order

Trading dengan market order lebih mudah. Jadi saya mencoba order Market terlebih dahulu. Mari beralih ke form Market Order.

tutorial coinut


Mengkonversi Semua BTC di Balance Status ke LTC (atau sebaliknya)

Jika kita ingin mengubah semua BTC yang kita miliki menjadi LTC, cukup klik tombol max hijau, dan ini akan menghitung secara otomatis berapa banyak LTC yang bisa kita dapatkan, lalu klik Buy.

Jika berhasil, kita akan mendapatkan pemberitahuan hijau seperti berikut, dan kita juga bisa melihat saldo LTC kita meningkat dan saldo BTC kita menurun. Dan trading kita selesai.


Jika terjadi kesalahan saldo kita tidak cukup maka akan muncul notifikasi pada gambar dibawah ini, artinya saat kita mengirimkan order, harga pasar telah berubah dan kita tidak dapat lagi membeli LTC begitu banyak. Lalu kita hanya perlu klik green max dan klik Buy untuk submit order lagi.


Demikian pula, jika kita ingin mengubah semua LTC kita menjadi BTC, cukup klik tombol max merah, dan klik Sell.


Mengkonversi BTC ke LTC Secara Parsial

Jika kita hanya ingin mengubah BTC kita menjadi LTC secara parsial, dibutuhkan satu langkah perhitungan lagi. Pertama tama kita harus mengecek harga terbaik yang bisa kita beli. Kita dapat melihat dari gambar berikut bahwa pada pasar, harga terendah yang dijual orang lain (harga terendah di kolom Sell) adalah 0,01179 (BTC) per Litecoin, dan kuantitas (Qty) pada harga tersebut adalah 10 (LTC). Itu harga terbaik yang bisa kita beli. Jika kita menjual LTC untuk mendapatkan BTC, kita perlu memeriksa harga terbaik yang dibeli orang lain (harga tertinggi di kolom Buy), yaitu 0,01173 (BTC) per Litecoin.

tutorial coinut


Karena kita punya 0.00000027 (BTC) di saldo, kita bisa beli maksimal 0.00000027 / 0.01179 = 0.0000229 (LTC). Asumsikan bahwa kita ingin membeli sebanyak mungkin, kita masukkan 0,0000229 di form Qty sebagai berikut.


Dan kemudian klik tombol Buy.


Jika berhasil, kita akan mendapatkan notifikasi berwarna hijau seperti berikut, dan kita juga bisa melihat saldo LTC kita meningkat dan saldo BTC kita menurun. Dan trading kita selesai.


Jika pasar bergerak dan harga terbaik sekarang lebih tinggi saat kita mengklik tombol Buy, maka kita tidak bisa membeli LTC dengan jumlah 0,0000229 lagi, dan kita akan mendapatkan notifikasi kesalahan seperti berikut ini. Kemudian kita perlu mengurangi jumlah LTC yang ingin kita beli dan klik tombol Buy sekali lagi.


Kebalikan dari contoh diatas, jika kita ingin mengkonversi LTC menjadi BTC, untuk menentukan harga terbaik kita perlu memeriksa kolom Buy dan bukan kolom Sell, dan perhitungannya perlu diubah, dan selanjutnya baru kita menggunakan tombol Sell (menjual LTC untuk mendapatkan BTC).


Tutorial Coinut - Tips Trading Dengan Limit Order

Limit Order mungkin tidak akan cepat terisi/ terkonfirmasi. Untuk contoh kasus kali ini, karena kita ingin membeli LTC dengan BTC, jadi kita perlu mengatur harga yang cukup tinggi agar order segera terisi/terkonfirmasi. Tapi seberapa tinggikah? Kita bisa mengecek order book di sisi kanan seperti berikut ini.

Karena kita beli, kita ingin tahu berapa harga jual yang orang lain tawarkan. Kita dapat melihat dari gambar berikut bahwa harga terendah yang dijual orang lain adalah 0,01168 (BTC) per Litecoin, dan kuantitas (Qty) pada harga tersebut adalah 10 (LTC). Jika kita ingin mengubah LTC menjadi BTC, kita perlu memeriksa sisi Buy dari book order.

tutorial coinut

Oleh karena itu, saya men-set harga beli sebesar 0.01168 sehingga order kita bisa cepat terpenuhi/ terkonfirmasi.



Kita masih perlu mengatur jumlah LTC yang ingin kita beli. Karena kita punya 0.00000027 (BTC), kita bisa beli paling banyak 0.00000027 / 0.01168 = 0.0000231 (LTC). Kita menempatkan 0.0000231 di form Qty untuk mengubah semua BTC menjadi LTC tapi tentu saja yang kita dapatkan lebih sedikit. (Petunjuk: daripada melakukan perhitungan manual, kita bisa menggunakan tombol max hijau kecil untuk mendapatkan Qty).


Lalu kemudian kita klik tombol Buy.


Jika order kita terisi/terkonfirmasi dengan segera, kita akan melihat notifikasi di pojok kanan atas berwarna hijau. Selain itu, jumlah saldo BTC akan berkurang dan saldo LTC akan meningkat. Dan kita baru saja menyelesaikan trading kita.

Jika pasar telah bergerak dan harga terendah telah berubah dan order kita tidak dapat segera terisi/terkonfirmasi, order kita akan tetap terbuka di bursa pasar/ pending sampai harga pasar sesuai dengan harga order yang kita pasang atau sampai kita membatalkannya. Order yang masih pending/ tertunda akan tertampung di kolom My Open Orders.


Setelah order sudah tidak lagi pending, maka  kolom My Open Orders akan kosong kembali secara otomatis. Jika kita tidak ingin menunggu order yang pending, kita bisa membatalkannya dengan mengklik tombol Cancel di sisi kanan:



Sekian dulu Tutorial Coinut kali ini, insyaAllah pada artikel selanjutnya akan membahas lebih banyak lagi tentang tutorial coinut yang lain misalnya cara deposit dan withdraw di coinut, cara withdraw dari coinut ke vip bitcoin, dan sebagainya. Terimakasih telah berkunjung di blog kami, semoga Tutorial Coinut ini dapat membantu dan bermanfaat untuk kamu kamu sekalian. Salam Profit!

2 komentar untuk "Tutorial Coinut - Tips dan Trik Cara Trading di Coinut"

  1. View cryptocurrency prices, volumes, market capitalization, charts,and volumes with Fxbtrading.com

    BalasHapus