Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Bitcoin Dan Bagaimana Penjelasannya - Bagian Pertama


Bitcoin adalah salah satu jenis mata uang digital, yangmana dibuat dan dimiliki secara elektronik. Tidak ada satupun orang yang dapat mengendalikan perkembangan bitcoin. Bitcoin tidak memiliki bentuk seperti halnya mata uang Rupiah, Dollar dan lain sebagainya. Bitcoin diciptakan oleh kelompok-kelompok orang, kelompok bisnis, komputer komputer yang terus bekerja (baca: mining) di seluruh penjuru dunia atau software software khusus yang memang diciptakan untuk pemecahan algoritma matematika tertentu. Bitcoin merupakan mata uang pertama dalam kelompok mata uang digital yang selanjutnya biasa disebut dengan cryptocurrency.

Lalu apa yang membuat bitcoin berbeda dari mata uang biasa yang sering kita jumpai (semisal Rupiah)?
Bitcoin sendiri bisa digunakan untuk membeli barang secara elektronik. Yangmana fungsi tersebut bisa disamakan dengan mata uang konvensional pada umumnya seperti rupiah, dollar, ringgit, euro dsb. Selain itu bitcoin juga dapat diperdagangkan secara digital seperti halnya mata uang konvensional (jual beli mata uang) yang umum disebut sebagai trading.
Lah terus apa yang beda?
Disini yang penting kita soroti adalah karakteristik dari bitcoin itu sendiri, bedanya dengan mata uang konvensional adalah desentralisasinya. Tidak ada satupun institusi di dunia yang dapat mengendalikan jaringan bitcoin. Dengan karakteristik seperti itu tentu membuat banyak orang yang merasa nyaman menyimpan bitcoin. Kenapa? karena itu berarti bahwa tak ada satupun bank di dunia yang dapat mengendalikan "tabungan" mereka. Contoh sederhananya adalah jika kamu menyimpan uang konvensional di bank, maka mau tidak mau kita harus "tunduk" terhadap peraturan bank, baik itu tentang bunga dan aturan aturan yang njelimet lainnya. Namun hal ini tidak berlaku pada mata uang bitcoin, lha wong nggak ada satupun institusi yang menaungi jaringan bitcoin.

Siapa yang menciptakan bitcoin?
Kok sangar ya yang menciptakan bitcoin, siapa sih dia? Dia adalah seorang pengembang perangkat lunak yang bernama suhu Satoshi Nakamoto. Si doi ini mengembangkan bitcoin sebagai mata uang untuk pembayaran secara elektronik yang sah berdasarkan bukti matematis. Ide awal si suhu ini adalah menghasilkan mata uang yang independen dari otoritas pihak pihak manapun, dapat melakukan transaksi secara elektronik, dan meminimalisir biaya transaksinya. Sebagai penghargaan, namanya (satoshi) digunakan untuk menyebutkan satuan terkecil dari bitcoin.

Siapa yang mencetak bitcoin?
Berbeda dengan mata uang konvensional yang dicetak oleh institusi dari suatu negara, tergantung dari kebijakan negara masing-masing sih (misalnya mata uang rupiah, yang berhak mencetaknya adalah Bank Indonesia). Bank bank atau institusi yang diberi kewenangan untuk mencetak uang konvensional bisa saja memproduksi mata uang mereka sendiri secara "brutal" untuk menutupi hutang nasional, sehingga mata uang mereka mengalami devaluasi. Hal ini tidak berlaku untuk bitcoin, bitcoin tidak dicetak secara fisik dalam bayangan institusi atau bank, tidak dapat dicegah pertumbuhannya, dan mempunyai peraturannya sendiri.

Lah terus bitcoin asalnya dari mana? Bitcoin dibuat secara digital, oleh perorangan ataupun komunitas. Lebih tepatnya bitcoin dihasilkan dengan cara "ditambang" menggunakan sumber daya komputasi dalam jaringan yang terdistribusi.
Jaringan ini juga dapat memproses transaksi yang dilakukan oleh mata uang virtual, yang secara efektif membuat bitcoin mempunyai jaringan pembayarannya sendiri.

Di penjuru dunia, orang orang menggunakan software yang mengikuti formula matematika untuk menghasilkan bitcoin. Rumus matematika tersebut tersedia secara bebas, sehingga siapapun bisa memakainya.

Software software tersebut juga tersedia secara open source, yang berarti setiap orang dapat mempelajarinya untuk memastikan bahwa software tersebut sudah melakukan tugas yang seharusnya.

Apa kita dapat membuat (baca: menambang) bitcoin dengan jumlah tak terhingga?
Yes, menurut beberapa sumber mengatakan bahwa hanya 21 juta bitcoin yang dapat diperoleh para penambang. Namun, koin-koin (bitcoin) tersebut dapat dibagi menjadi beberapa bagian yang lebih kecil. Jumlah pembagian terkecil adalah seperseratus bitcoin dan disebut dengan '1 satoshi'.


Note: Penambang adalah sebutan untuk orang-orang yang melakukan aktivitas penambangan atau mining untuk menghasilkan bitcoin.

Posting Komentar untuk "Apa Itu Bitcoin Dan Bagaimana Penjelasannya - Bagian Pertama"