Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Riset Supplier Untuk Dropship Agar Usaha Semakin Sukses

cara riset supplier

Memilih supplier yang tepat untuk dropship adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan sebelum melakukan bisnis online. Jika supplier bermasalah, maka Anda lah yang harus bertanggung jawab terhadap pelanggan. Dan hal tersebut bukanlah menjadi urusan pihak supplier.

Untuk itu, Anda perlu mengetahui supplier dropship yang berkriteria bagus dan dapat dipercaya. Salah satu caranya adalah dengan melakukan riset supplier untuk dropship.

Sebelum menjabarkan tentang cara riset supplier untuk dropship, sebaiknya Anda juga harus mengetahui ciri-ciri supplier yang bagus. Diantaranya:
  1. Memiliki tenaga penjualan yang berpengalaman serta bermanfaat
  2. Anda tidak dikenakan biaya yang besar tiap kali order
  3. Pengiriman cepat dan berusaha membuat pelanggan menjadi senang
  4. Kualitas produk yang baik ditandai dengan tingkat pengembalian yang rendah serta ulasan produk lebih baik
  5.  Diinvestasikan dalam teknologi terbaru, ditandai adanya situs web yang rinci dengan deskripsi produk lengkap.

Nah, setelah Anda tahu ciri-cirinya, sekarang saatnya untuk mengetahui cara riset supplier untuk dropship. Berikut langkah-langkahnya:

1. Google
Google adalh sumber pertama untuk menemukan berbagai informasi. Termasuk cara riset supplier untuk dropship. Anda bisa menemukan perusahaan dropshipping grosir di Google dengan mencari “[Product] + dropship”. Setelah itu akan muncul lebih dari 88,200 hasil. Bukankah sangat praktis?  Setelah itu, Anda bisa menilai perusahaan mana yang paling sesuai untuk dijadikan supplier bagi usaha dropship Anda.

2. Menghubungi Supplier Pengirim Barang Dropship
Setelah Anda menemukan supplier yang cocok, langkah selanjutnya adalah menghubungi pengirim barang dropship. Sebaiknya Anda memulai untuk menghubungi supplier melalui email. Sebab, email akan memberi semua informasi tanpa membuang waktu saat menunggu telepon. Setelah itu, barulah Anda menghubungi supplier melalui telepon.

Ketika mengirim email ke supplier, sebaiknya Anda bersiap dengan membuat daftar pertanyaan terlebih dahulu. Posisikan diri Anda sebagai orang yang profesional. Diantara pertanyaan yang bisa Anda persiapkan adalah:
  • Apakah ada biaya selain biaya produk?
  • Apakah Anda menjual langsung produk tersebut?
  • Apakah ada kebijakan pengembalian?
  • Kapan harga akan berubah?
  • Apa garansi yang dimiliki produk?
  • Bisakah Anda membuat barang custom?
Anda juga bisa berinisiatif mencari pertanyaan lain yang tidak membuat Anda seperti seorang pemula.

3. Waspadai Supplier Penipu
Anda juga perlu waspada dalam melakukan riset supplier untuk dropship. Ada beberapa tanda yang mengindikasikan supplier tersebut adalah penipu. Diantaranya:
  • Biaya bulanan atau iuran keanggotaan yang tidak disertai alasan jelas. Teliti apakah ada alasan yang pasti mengapa Anda dikenakan biaya khusus. Jika supplier tidak terus terang bisa jadi ia hanya berusaha mengambil uang Anda.
  • Tidak menampilkan alamat. Periksa website supplier, jika tidak disertakan alamat toko, maka besar kemungkinan bahwa supplier tersebut adalah penipu.


4. Melakukan Pesanan Kecil Untuk Menguji Supplier
Anda bisa melakukan order produk untuk memeriksa kualitas barang dan pelayanan supplier Anda. Hal ini sebaiknya dilakukan agar Anda bisa menguji supplier tersebut. lihatlah bagaimana produk yang Anda terima, jika kualitasnya bagus dan pengirimannya cepat, maka bisa Anda jadikan supplier dropship.

Namun, jika barang yang diterima ternyata berkualitas buruk dengan pengiriman yang lambat. Sebaiknya, Anda pertimbangkan kembali untuk memilihnya sebagai supplier dropship Anda.

Nah, dengan ulasan mengenai cara riset supplier untuk dropship di atas, semoga bisa dijadikan panduan bagi usaha dropship Anda. Pastikan supplier Anda adalah yang bertanggung jawab dan baik dalam pelayanannya. Selamat berbisnis! Semoga sukses!

Posting Komentar untuk "Cara Riset Supplier Untuk Dropship Agar Usaha Semakin Sukses"