Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Electroneum, Sejarah, Cara Kerja, dan Cara Mendapatkannya Secara Gratis

Apa Itu Electroneum?

Tim Electroneum membuat terobosan baru, yaitu bagaimana caranya memperoleh atau menambang cryptocurrency semudah mendownload sebuah  aplikasi. Dengan mempermudah para pemburu cryptocurrency untuk  mendapatkan koin Electroneum, tim Electroneum percaya bahwa itu akan membantu mereka menyebarkan dan  memasarkan koin mereka secara luas. Ada banyak orang di berbagai belahan bumi yang ingin membeli berbagai macam cryptocurrency tetapi mereka merasa canggung untuk mengirimkan foto selfie mereka dan mengirimkannya ke website yang sama sekali mereka tidak tahu bisa dipercaya atau tidak (beberapa exchange menerapkan cara ini untuk memverivikikasi akun). Ada juga isu-isu yang bertebaran bahwa menghubungkan rekening bank ke website cryptocurrency akan berdampak  pada pengenaan pajak yang tinggi. Electroneum yakin bahwa mereka memiliki solusi atas masalah-masalah yang ada.

Electroneum (ETN) sangat user-friendly, cryptocurrency berbasis mobile yang:
  1. dapat ditambang  oleh setiap smartphone yang menjalankan system Android maupun iOS 
  2. memungkinkan transaksi untuk diselesaikan secara langsung melalui Sistem Pembayaran Instan, dan
  3. memiliki hampir 2,5 juta pengguna di seluruh dunia!

Bagaimana Cara Kerja Electroneum ?

Electroneum, atau biasa disingkat ETN, dibangun dari codebase Monero untuk memungkinkan transaksi pada decentralized blockchain. Seperti Monero, Electroneum memiliki beberapa fitur privasi yang sudah ter-built-in. Salah satu kritik keras dari Bitcoin adalah bahwa balance dari setiap wallet address adalah terlalu transparan dan mudah dilacak. Masalah ini akan terpecahkan oleh Electroneum, berkat adanya alamat siluman (stealth address), one-time public key, yang mencegah sang penerima dana terhubung secara langsung dengan wallet mereka (ini berguna untuk keamanan dari sang penerima dana). Address akan diverifikasi oleh pihak ke-3 untuk memastikan bahwa transaksi yang terjadi adalah valid ( Si Pengirim berbagi public view key mereka).

Penerima mendapatkan dana mereka melalui wallet’s private view key yang dipindai oleh sistem blockchain. Setelah terdeteksi dan diterima oleh wallet, maka selanjutnya sebuah single-use private key akan dibuat (sesuai dengan public key si pengirim). Si Penerima sekarang dapat menggunakan dana mereka menggunakan private spend key. Proses ini terjadi dengan data pengirim, penerima, maupun jumlah transaksi yang tidak terbuka/ tidak terlihat. Jika kamu ingin membaca lebih lanjut tentang privasi teknologi di balik Monero dan Electroneum, kami sarankan untuk melihat panduan berikut ini.

Transaksi yang terjadi relatif lebih cepat dengan biaya yang beragam tergantung tingkat lalu lintas pada jaringan itu sendiri. Kamu dapat memeriksa jaringan blok disini. Sebagian besar dari blok memiliki total biaya kurang dari 0,2 ETN dan blok baru akan ditambahkan sekitar satu menit sekali. Electroneum codebase mencoba untuk menghindari penggunaan ASICs yang memiliki keuntungan besar dibandingkan mining dengan CPU. Mining menggunakan algoritma memori bound untuk mencoba dan mendorong CPU mining agar dapat memberikan kemudahan akses ke ETN bagi para pengguna.

Siapa Yang Menciptakan Electroneum?

Electroneum diciptakan dan dikembangkan pada tahun 2017 oleh sekelompok pengembang yang berbasis di London, Inggris, dan dipimpin oleh CEO Richard Ellis. Saat ini dijalankan dan dikembangkan oleh tim yang solid dan individu-individu yang berbakat.


Setelah penggalangan dana melalui sebuah ICO di bulan September tahun 2017, Electroneum  blockchain (decentralized ledger system) telah "live" pada 1 oktober 2017 dan memasukkan koin ke dalam sirkulasi. aplikasi dompet ( app wallet ) Electroneum  live pada desember 2017, mobile miner pada Maret 2018, dan instant payments system pada bulan September tahun 2018 kemarin.

Sejarah Electroneum

Pada saat ICO, Electroneum mencapai angka penyebaran yang fantastis yaitu 40 juta dolar hanya pada saat penggalangan dana. Github Electroneum rilis pada 1 November 2017. Namun, sebelum peluncuran aplikasi mobile, mereka diserang oleh distributed denial of service (DDoS). Alhasil Tim mereka harus menutup server untuk sementara dan bekerja selama 26 jam nonstop untuk menangani serangan tersebut. Akhirnya, setelah beberapa penundaan, investor ICO terus mendistribusikan koin mereka dan Electroneum terus bekerja menuju tujuan mereka menyebarkan ETN kepada khalayak. Sampai akhirnya lebih dari 690 juta ETN berhasil di transfer selama 24 jam pertama, dan hanya membutuhkan biaya sebesar 430 ETN.


Suplai Koin dan Keberlanjutannya

Tim ETN telah mendistribusikan 4,4 miliar ETN untuk investor pada saat ICO. Mereka yang berbagi ICO dan menerjemahkan informasi yang relevan menerima total 20 juta ETN. 12 orang tim inti juga diberikan 20 juta ETN untuk tujuan pendanaan. Saat ini sudah beredar supply sekitar 8,161,580,236 ETN (21 Oktober 2018) yang pada akhirnya akan mencapai maksimum supply yaitu 21,000,000,000 ETN melalui rewards bagi para penambang. 21 miliar koin maksimum supply yang dipilih bahkan lebih  besar dari total supply Bitcoin, dipilih untuk alasan psikologis. Mereka merasa pengguna akan lebih puas mendapatkan full koin sebagai rewards dan akan lebih memilih melakukan pembelian dalam nilai-nilai integer. Setelah semua koin berhasil ditambang, penambang masih bisa mendapatkan keuntungan dengan mengumpulkan biaya transaksi.



Dimana Kamu Bisa Membeli Electroneum?

Saat ini kamu bisa membeli ETN di Pasar Cryptopia exchange, Coinbene, KuCoin, Bitbns, Qryptos, Tradeogre, Coinspot, Altex Exchange, Cryptonit, dan LetsDoCoinz. Untuk saat ini ETN sedang dalam proses mengajukan pendaftaran ke exchange besar seperti Bittrex dan Binance, dan lain sebagainya.

Dimana Kamu Bisa Menyimpan ETN Kamu?

Kamu bisa langsung menuju situs resmi wallet manager Electroneum disini. Melalui dompet manager, kamu bisa mengatur dan memilih antara offline wallet atau online wallet. Online wallet yang  terdaftar dapat juga diakses melalui aplikasi dengan menggunakan rincian login yang sama.

Mining Electroneum Menggunakan Smartphone

Sistem pertambangan Electroneum bisa dibilang cukup unik, ia bisa ditambang dengan menggunakan smartphone. Cara kerja sederhananya adalah dengan membiarkan aplikasi penambang ETN berjalan di latar belakang system smartphone kamu. Sederhananya kamu tetap bisa melakukan aktivitas seperti whatsapp-an, instagraman, chattingan, browsing, bahkan  bermaain game sambil tetap menghasilkan koin ETN.




Siapapun bisa memulai penambangan dan bertransaksi dengan ETN secara gratis dengan membuat akun dan menginstal aplikasi pada ponsel mereka. Yang paling saya suka adalah aplikasi penambang akan berjalan di latar belakang smartphone dan mengkonsumsi sangat sedikit baterai, atau data. Koin yang ditambang akan dibayarkan secara teratur dan akan otomatis ditransfer ke wallet ETN kamu. Dengan menjadi sebuah cryptocurrency, Electroneum tidak memiliki koin fisik. Dan itu berarti Electroneum digaransi oleh blockchain, bahwa Electroneum tidak dikendalikan atau diatur oleh satu orang, perusahaan, atau bahkan pemerintah manapun.

Sebaliknya, transaksi ETN yang diolah dan divalidasi oleh ribuan jaringan komputer di seluruh dunia (yang disebut penambang) yang semua harus setuju pada saldo akun setiap pengguna. Fungsi matematika akan menjaga setiap aspek dari proses dan memastikan bahwa tidak ada yang bisa mempermainkan sistem atau melakukan tindakan penipuan.

Pada umumnya, pertambangan hanya bisa dilakukan pada komputer dengan banyak kekuatan pemrosesan. Namun, tim Electroneum telah menciptakan sebuah algoritma yang memungkinkan siapapun dengan ponsel untuk bisa menambang secara efektif – sehingga memungkinkan jutaan pengguna smartphone di seluruh dunia untuk belajar tentang cryptocurrencies dan menambang koin mereka sendiri.

Pembayaran Instant

Dengan peluncuran Sistem Pembayaran Electroneum Secara Instan (Electroneum’s Instant Payments System) pada bulan September tahun 2018 lalu, pengguna sekarang dapat melakukan transaksi antara satu sama lain dan mendapatkan konfirmasi pembayaran secara instan. Tidak perlu menunggu lama konfirmasi dari blockchain.


Untuk cryptocurrency tradisional seperti Bitcoin, transaksi bisa memakan waktu hingga satu jam untuk bisa sepenuhnya di-capture oleh blockchain. Oleh karena itu, ia tidak cocok untuk digunakan dalam transaksi sehari-hari seperti membeli bahan makanan di toko lokal. Namun, Electroneum bertindak sebagai pihak ketiga yang terpercaya antara penjual dengan pembeli dan memungkinkan transaksi akan dikonfirmasi secara langsung (tidak ada waktu tunggu).

Berikut adalah cara kerjanya:

Ketika seorang pembeli mengirimkan ETN ke penjual untuk pembelian barang-barang atau bahkan jasa, Electroneum akan memeriksa untuk memastikan bahwa pembeli memiliki cukup dana di wallet-nya sejumlah total tagihan, kemudian memberikan konfirmasi secara instan untuk kedua belah pihak yang melakukan transaksi dapat dilakukan.

Electroneum kemudian akan bekerja di latar belakang untuk mentransfer dana dari pembeli ke penjual. Transfer terjadi pada blockchain itu sendiri. Jika transaksi gagal untuk alasan tertentu, Electroneum akan mencoba lagi dan lagi sampai nantinya transaksi berhasil.

Demikian artikel tentang Apa Itu Electroneum, Sejarah, Cara Kerja, dan Cara Mendapatkannya Secara Gratis, semoga dapat menambah wawasan kita tentang koin Electroneum. 

Posting Komentar untuk "Apa Itu Electroneum, Sejarah, Cara Kerja, dan Cara Mendapatkannya Secara Gratis"