Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Upload Produk Massal Di Shopee


Mendengar kata marketplace sudah tidak asing lagi bagi kita semua seperti Bukalapak, Tokopedia, Lazada dan juga Shopee. Hampir semua barang yang kita cari bias kita temukan di marketplace Indonesia kecuali pasangan tidak ada yang jual di marketplace.

Dengan kemudahan yang ditawarkan banyak promo menarik yang diberikan marketplace membuatnya tidak pernah sepi dari pembeli. Dengan trafik yang cukup ramai tentunya ini bisa kita manfaatkan sebagai peluang usaha.

Salah satu peluang usaha yang dapat kita manfaatkan adalah sebagai dropshiper atau kita bisa juga menjual produk buatan kita sendiri.

Menjadi penjual di marketplace sangatlah mudah karena kita hanya perlu upload saja produk yang kita punya, namun jika kita mau menjadi seorang dropshiper kita hanya perlu menyalin data produk baik itu foto produk, deskripsi dan juga informasi yang diperlukan untuk mendukung produk tersebut.

Pada artikel ini kita belajar upload massal di Shopee dulu Sesuai dengan judul artikel  untuk marketplace lain nanti akan dibuatkan artikel lagi agar lebih mudah dipahami.

Cara upload produk ada 2 cara, yakni cara upload satu persatu dan juga mass upload. Pada artikel ini akan membahas tentang bagaimana cara mass upload atau upload banyak barang sekaligus pada marketplace khususnya shopee.

Tidak usah membuang banyak waktu kita langsung saja mulai tutorialnya, jika ada yang kurang dimengerti bisa ditanyakan pada kolom komentar yang ada.
Cara Mass Upload Shopee

  1. Syarat pertama akun harus sudah verifikasi atau sudah daftar program gratis ongkir karena jika belum tidak bisa upload juga sampai 2000 produk.
  2. Login ke seller shopee web browser, wajib menggunakan computer atau laptop untuk lebih mempermudah dan mempercepat pekerjaan. Menggunakan smartphone saya rasa kurang rekomended jika ingin menggunakan fitur mass upload dari shopee.
  3. Setelah masuk ke Seller Shopee pilih menu Produk Saya, lalu pilih Mass Update pilih Tambah Produk Baru untuk keterangan lebih lengkap tentang menunya bisa lihat gambar yang disisipkan.
  4. Pilih Download Template mass upload nanti file nya dalam bentuk winrar tinggal ekstrak saja.
  5. Hasil ekstrak dari download di seller shopee yang berekstensi rar nanti ada file excel dengan nama file Shopee_mass_upload_template_sku_id itu adalah file yang harus kita isi datanya, buka file tersebut dan kita bisa baca terlebih dahulu apa saja yang dibutuhkan untuk mengisi file tersebut, namun kita tidak perlu mengisi semua kolom yang disediakan kita hanya perlu isi beberapa saja.
  6. Kode Kategori, untuk mengetahui kode kategori yang ada kita lihat pada daftar kategori, kita ketik saja kira-kira kategori apa yang cocok dengan produk kita nanti kita tinggal copy saja kode tersebut pada kolom yang disediakan.
  7. Nama Produk, Isi nama produk dengan judul yang mengandung kata kunci dari produk kita agar mudah dicari orang.
  8. Deskripsi, Isi dengan keterangan produk seperti kegunaan, spesifikasi atau informasi mengenai produk tersebut.
  9. Harga, tidak perlu dijelaskan lagi pasti sudah tahu apa yang harus diisi di kolom harga.
  10. Stok, stok produk yang ada bisa kita isi sesuai dengan keinginan namun akan lebih baik stok disesuaikan dengan stok yang ada saat ini.
  11. Berat produk menentukan ongkos yang akan ditanggung oleh pembeli, jadi jangan terlalu ngawur dalam mengisi berat produk.
  12. Langsung masuk ke kolom gambar, untuk kolom yang lain bisa kita biarkan kosong tidak apa. Pada kolom gambar wajib di isi dengan url gambar produk, kita bisa upload terlebih dahulu gambarnya di goggle photo atau bisa copy url dari gambar took supplier.
  13. Setelah itu klik validasi untuk mengecek apakah ada data yang kurang, jika semua tidak ada yang perlu ditambah selanjutnya tinggal klik tombol eksport.
  14. Hasil dari eksport tadi selanjutnya bisa kita langsung upload di seller shopee

Setelah file tersebut terupload tunggu beberapa saat hingga shopee mendownload gambar dari url yang ada di file excel tadi.

Demikian cara bagaimana upload massal di shopee secara singkatnya, jika ada yang belum jelas bisa tinggalkan komentar.
Terimakasih

Posting Komentar untuk "Cara Upload Produk Massal Di Shopee"