Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bongkar Rahasia SEO Marketplace Indonesia! Dropshiper Pemula Wajib Baca!!


Bagaimana sih tips supaya top search atau terangkat muncul di halaman utama Market Place dan bagaimana SEOnya?

Pertanyaan ini sering kali menghantui pikiran kita, apalagi saya sendiri sebagai seorang dropshiper tidak jarang googling kesana kemari mencari ilmu agar penjualan kita terus meningkat.

Nah pada suatu malam ada sebuah postingan di grup facebook mengenai "Bongkar Teknik SEO Marketplace" saya baca dan saya copas tentunya kemudian tak jadikan note agar bisa saya baca dikemudian hari.

Baca Juga : Cara Proses ORderan Menggunakan Smartphone

Langsung saja tanpa intro yang terlalu panjang karena isi artikel ini sudah panjang silahkan disimak baik-baik, saya tidak banyak merubah isi postingan tersebut dan saya sangat berterimakasih kepada member tsb.

TEKNIK SEO MARKETPLACE

1. Yang pertama tipsnya, kita perlu mengenal algoritma disetiap marketplace tersebut. Misalnya Tokopedia, setiap kali mengedit, upload dan reupload masih otomatis terangkat ke halaman utama sesuai kata kunci. Gunakan fitur promo per jam dan Gold Merchant

2. Bukalapak dengan fitur Pushnya.

3. Untuk Shopee, bila review / penilaian / exposure tinggi atau banyak dan yang produk terbaru dan di like, maka otomatis akan terangkat / naik. Karna shopee seperti Facebook. Kalau di komentari akan terangkat ke beranda atas. Bisa pula gunakan fitur promo tokoku dengan memberikan promo diskon dan rutin gunakan pula fitur naikkan produk. Shopee memberikan lima kesempatan produk untuk dinaikkan setiap 4 Jam sekali. Bila masih kurang nendang, coba dengan iklan berbayar ya gaess..

Kalau saya sendiri, bila mau beriklan di Shopee itu tujuannya apa dulu? Apakah mau exposure alias menimbulkan impresi? Kalau saya lebih mudah mengartikan cara ini seperti branding. Kalau mau branding, nge-bidnya yang optimal agar tampil di halaman utama. Tujuannya tetap menimbulkan impresi. Karna terkadang orang memutuskan untuk membeli tidak harus pada saat itu, tapi efeknya toko kita menjadi kelihatan bonafid. Beda lagi kalau tujuannya ke penjualan. Nge-bid perlu tapi akan jauh lebih baik ditambahkan promo harga diskon. Yang perlu diperhatikan pemilihan kata kunci yang disarankan oleh Shopee dan harga iklan yang ditentukan oleh saran Shopee. Mana yang akan dipilih, tentunya semakin kata kunci populer maka harga bidnya semakin mahal, demikian juga sebaliknya.

4. Bisa juga memberikan penawaran di deskripsi produk dengan memberi garansi, jaminan, bonus dus, bonus bubble wrap dan yang paling nendang adalah mengajak menjadi member khusus untuk diajak join reseller dan dropshiper kita. Kita beri pelatihan rutin digital marketing, gathering rutin dan berikan reward, hadiah, dan bentuk program sosial. Intinya, tokomu WAJIB mempunyai nilai tambah dan unique selling dibanding toko yang lain. Bayangkan kalau kamu mempunyai reseller di 1 grup WA dengan total full member 256 orang. Satu bulan rutin belanja 1 orang minim 100rb saja. Total omset cuma dari 1 grup sudah 25Jt lebih lho. Kalau punya 10 grup WA Pasukan Jago Jualan, sudah berapa? Omset ratusan juta per bulan cuma dari Pasukan Jualan pecah juga kan?! Itu baru minim belanja 1 orang 100rb. Kalau lebih dari itu gimana coba? Itung sendiri, saya mendadak KRAM OTAK ngitung omset nih wkwkwk :p

5. Untuk Lazada, disini yang agak menantang tapi unik bagi saya. Di Lazada ini kalau terangkat ke halaman utama bukan jaminan. Tergantung tingkat kompetisi. Kalau jumlah kompetitor produk sejenisnya banyak, ya tinggal kuat-kuat'an yang mana. Tentunya yang "wow" penawarannya dan yang memberi efek diskon dengan harga murah.

Kalau kita menjual produk dengan harga murah dari pasaran, maka produk kita juga akan berpotensi untuk ditawarkan ke FLash SaLe oleh Lazada. Tentunya tingkat popularitas salah satu produk akan mendongkrak traffic / kunjungan dan popularitas untuk produk lain juga ikut terangkat. Ini yang saya suka. Ibarat "Mengorbankan" salah satu produk untuk mendongkrak produk lain. Istilahnya faktor Leverage Product ????

Tapi kalau mau dilihat lebih mendetail, sebenarnya tidak ada ilmu pasti untuk muncul di top search atau page one. Karna yang paling relevan, yang akan muncul.

Supaya relevan itu butuh history penjualan yang baik dan review yang baik. Dan kalau produk kita baru bisa menjaring traffic dari kata kunci judul, hastag atau harga yang "wow" alias murah ya gak papa. Toh banyak juga yang sudah pecah telor bahkan menghasilkan puluhan juta per hari hanya dari modal gratisan dan tanpa ngiklan ??

6. Saya bongkar SEO Judulnya sekalian ya. Karna materi ini seharusnya berbayar. Dulu saya ikut SEO on Marketplace (Keyword) ini masih di angka 1,5Jt. Tapi buat teman-teman disini saya bongkar, FREE!

SEO Produk berlaku disemua sarana. Begini tips dan triknya:

Sisipan Awal = Dijual, Jual, Promo, Unik

Sisipan Akhir = Murah, Diskon, Limited, Berkualitas, Premium, Ori, Original, Best Seller

Maka contoh judulnya akan seperti: Dijual Sepatu Adidas Original Berkualitas, dll.

Kembangkan sisipan kata tersebut sesuai produk yang teman teman jual.

Selamat praktek ya. Semoga ilmu yang tidak seberapa ini mampu membantu teman teman untuk makin ngomset dan bersedekah.

Yuk diskusi disini tentang postingan tersebut, sesama masih belajar agar kita bisa menaikan omset sebagai dropshiper