Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Solo Mining dan Pool Mining Dalam Bitcoin

Solo Mining VS Pool Mining


Sebelum ke pembahasan utama mengenai solo mining dan pool mining, alangkah lebih baiknya kita membahas dulu apa itu mining? Seperti dikutip dari situs bitcoin.co.id - "Mining adalah proses penambangan Bitcoin. Tidak seperti mata uang lainnya yang dikeluarkan oleh bank sentral, Bitcoin didapatkan dengan cara 'ditambang' melalui sistem. Ketika seorang miner berhasil menyelesaikan persoalan matematika kompleks dan menemukan block baru Bitcoin, ia dihadiahi BTC oleh sistem. Satu block awalnya ada 50 BTC, saat ini 25 BTC/block, dan selanjutnya akan terus berkurang setiap 4 tahun sekali hingga hanya akan ada 21 juta BTC di dunia".

Oke selanjutnya, dalam menambang Bitcoin (BTC), kita akan mendengar istilah solo mining dan pool mining.  Solo mining, artinya, dalam menambang Bitcoin dilakukan sendiri atau perseorangan, tanpa harus bergabung dengan mining pool. Menambang secara solo mining ini bisa dikatakan lebih sulit dilakukan meskipun, reward yang didapat akan jauh lebih besar. Namun, bagi para penambang yang berhasil menemukan block bitcoin, akan mendapatkan reward yang lebih besar. 

Nilai rewardnya kurang lebih sebesar 12,5 BTC pada saat ini. 
Jika dirupiahkan saat ini adalah sebesar -/+ Rp. 3.000.000.000,- (Tiga Milyar Rupiah).
Sekali lagi, dalam menambang secara solo mining ini hampir tidak mungkin lagi bisa dilakukan (dimungkinkan dengan hash yang besar). 

Tanpa perangkat yang menunjang dengan harga cukup mahal, justru akan membuat rugi baik dihitung dari sisi pengeluaran biaya listrik, internet ataupun perawatan perangkatnya.

Disamping itu, tingkat kesulitan dalam menambang Bitcoin dari waktu ke waktu akan terus bertambah tinggi. Untuk mining bitcoin, jika tidak ditunjang dengan upgrade perangkat yang jauh lebih cepat dan efektif secara berkala, maka kemungkinan besar akan merugi. Terlebih lagi perangkat-perangkat ini, membutuhkan biaya yang mahal.
Sedangkan pool mining, adalah wadah para penambang yang bergabung bersama-sama dengan para penambang lainnya dalam memecahkan algoritma bitcoin. Cara menambang secara bersama dalam pool mining ini dinilai lebih efektif, meskipun nantinya reward yang didapatkan lebih kecil karena dalam proses menambangnya dilakukan secara bersama-sama.

Pada perkembangannya sampai saat ini, opsi yang paling banyak dilakukan oleh para penambang bitcoin, adalah dengan menambang bitcoin secara bersama-sama yang bergabung dalam pool mining ini. Cukup banyak pool mining yang bisa digunakan sebagai tempat menambang bitcoin.

Nah di #BitclubNetwork inilah kita diberi kesempatan untuk menjadi seorang miner bitcoin dengan mudah tanpa harus mengerti hal teknis mesin, lokasi ideal menambang, kelistrikan,dsb yang kompleks dan rumit. Kamu hanya perlu invest sekali & akan memperoleh bitcoin secara nyata setiap harinya.
Dengan kenaikan harga bitcoin yg hampir setiap bulannya meraih "All Time High" pada harganya, maka sekarang adalah saat yang tepat untuk kamu meraih income secara pasif sesungguhnya dengan Register sebagai miner bitcoin & altcoin di sini : http://bitclub.network/

Investasi di Bitclub Network adalah Cara Terbaik & Termudah serta Teraman (sejak 2014) untuk mendapatkan Bitcoin dengan mining (menambang) bitcoin. 

Klik untuk membuat rekening bitcoin (Gratis): https://goo.gl/imRXTj

mining
mining pool






Posting Komentar untuk "Pengertian Solo Mining dan Pool Mining Dalam Bitcoin"